Senin, 07 April 2014

Tips mencoblos pemilu 2014

TIPS MENCOBLOS PEMILU 2014


Mencoblos pemimpin merupakan sesuatu hal yang sulit karena sangat menentukan suatu bangsa.banyak sekali calon pemimpin yang menunjukan bahwa mereka patut dipilih melalui berbagai media maupun dalam bentuk pencitraan.
Belum ditemukan catatan sejarah yang cukup valid yang bisa menjawab pertanyaan : sejak kapan negara hadir sebagai bagian dari kehidupan umat manusia.namun demikian  cukup mudah dipahami bahwa negara adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia.hal ini didukung oleh sebagian besar para pemikir sosial yang mengatakan bahwa bernegara adalah piliha yang niscaya bagi manusia agar kehidupan mereka menjadi lebih teratur.sebobrok apapun sebuah negara , maka itu masih lebih baik jika dibandingkan dengan masyarakat tanpa negara.manusia tanpa negara ibarat sebuah kelas di sebuah sekolah yang sedang tidak ada guru dan tidak ada aturan yang ditaati.

Jika negara adalah sesuatu yang wajib dalam rangka kesejahteraan masyarakat maka didalam negara banyak unsur yang juga penting yang mempengaruhi sejahteranya atau tidaknya sebuah masyarakat.yang paling penting dari unsur-unsur tersebut adalah unsur konstitusi dan unsur penyelenggaraan konstitusi.karena itu unsur kepemimpinan adalah sesuatu yang sangat vital meskipun bukan satu-satunya.

dengan semakin mendekatnya masa pemilihan umum maka pertanyaan tentang pemimpin seperti apa yang selayaknya dipilih menjadi pertanyaan yang sangat umum ditemukan dan memang terkadang gampang-gampang susah menjawabnya.di satu sisi mungkin mudah menyebutkan kriteria pemimpin yang baik.tetapi disisi lain sangat sulit menemukan contohnya dalam kenyataan.Namun ketika saat memilih telah datang , maka seluruh masyarakat harus memilih karena memilih pemimpin adalah sesuatu yang wajib sebagaimana sabda rasullulloh saw.
Jika dalam perjalanan ada terdiri dari lebih dari satu orang , hendaklah salah seseorang dipilih sebagai pemimpin

Sedangkan dalam perjalanan berbangsa dan bernegara adalah perjalanan yang sangat panjang.karena itu dibutuhkan pemimpin.Jika kita membuka buku-buku tentang kepemimpinan maka kita akan menemukan sangat banyak kriteria yang tidak mungkin disebutkan satu persatu dalam artikel ini.tetapi dari kesemua kriteria tersebut.kita bisa memberikan sebuah kesimpulan bahwa seseorang yang layak menjadi pemimpin adalah seseorang yang sudah cukup bagi dirinya sendiri .

Mungkin ini istilah yang agak sulit dipahami,maka perlu dijelaskan.begini seseorang pemimpin adalah seseorang yang telah mewakafkan dirinya untuk masyarakat yang dipimpinya.artinya dia sendiri sudah tidak mencari apa-apa lagi selain pengabdian kepada allah swt demi kesejahteraan masyarakat.seorang pemimpin hadir untuk memberikan bukan untuk menerima apalagi meminta.
Jika ini yang menjadi tolak ukur maka mungkin tidak akan sulit mencari seorang pemimpin.

dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan calon pemimpin yang sebelumnya kita tidak tahu apa-apa tentang dia atau apa yang telah dia berikan untuk masyarakat sebelumnya.calon seperti ini perlu dipertanyakan kepemimpinanya dimasa depan.Namun jika yang mencalonkan diri adalah seseorang yang sebelumnya telah membuktikan diri sebagai orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan maka untuk orang ini kita perlu untuk memberi kredit Point tersendiri.

Katakanlah orang seperti itu telah pernah menjadi pemimpin pada skala kecil misalnya keluarga dan dia menjadi pemimpin yang sukses terlihat dari keluarganya yang cukup bahagia.meski tidak harus kaya raya dan anak-anaknya tampak cukup sopan ketika bergaul dengan sesama.

Pada level yang lebih besar orang itu memimpin lembaga atau institusi tertentu yang didirikan bukan untuk kepentingan pribadi tetapi untuk kepentingan umat.katakanlah lembaga-lembaga sosial seperti yayasan yatim piatu , yayasan pendidikan atau lembaga nirlaba yang dampaknya baik langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh masyarakat secara umum terutama oleh masyarakat yang berposisi sebagai masyarakat kelas dua. seperti orang-orang miskin tidak mampu , anak jalanan , Jompo , Putus sekolah , dan lain sebagainya.

Dua contoh diatas adalah kelebihan calon pemimpin di tingkat sosial.Namun itu saja belum cukup karena godaan kekuasaan sangat kuat sehingga kadang terjadi orang-orang baik pun menjadi jahat ketika sedang memimpin karena itu diperlukan kelebihan lain yaitu tingkat religiusitas yang sangat tinggi.

Religiusitas ini penting karena jika kelebihan calon pemimpin di tingkat sosial bisa disebut sebagai kebaikan horizontal , maka sifat religiusitas yang baik adalah kelebihan calon pemimpin pada level  kebaikan vertikal ( hubungan baik dengan tuhan ).dimensi horizontal dan vertikal harus saling melengkapi karena hilangnya salah satu bisa merapuhkan yang lain.karena itu seseorang calon pemimpin harus pula terbukti mempunyai tingkat religiusitas yang tinggi di tandai dengan keshalehan ritualnya dalam kehidupan sehari-hari.

Memang benar !! keshalehan ritual seseorang yang rajin shalat , puasa , haji , mengaji , dan penghafal al-quran bukan ukuran satu-satunya orang itu baik,akan tetapi paling tidak keshalehan itu bisa menjadi ukuran sederhana untuk kita pilih sebagai pemimpin.dan jangan sampai kita memilih pemimpin yang tidak tampak keshaleha baik dzohir maupun bhatinnya.atau istilahnya ( memilih kucing dalam karung ) yang mana jelas-jelas melanggar aturan agama atau bahkan memusuhi aturan-aturan agama , apalagi dengan terang-terangan menentang kewajiban ibadah yang telah ditentukan oleh agama.

oleh karena itu melalui artikel sederhan ini setidaknya kita sudah memiliki gambaran sederhana tentang kriteria pemimpin yang baik untuk kita coblos dalam pemilihan umum nanti.

Demikian artikel Tips mencoblos pemilu 2014,semoga bermanfaat untuk anda yang membaca.dan saya mengajak berdoa bersama dalam hati untuk berdoa agar pemimpin kita nanti akan menjadi perantara kesejahteraan untuk kita semua.amin ya robbal alamin.sekian artikel sederhana ini.aslm,kum
Title: Tips mencoblos pemilu 2014; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel by Mas fery - masfery99@gmail.com - Contact 08577-560-2630 Artikel kesehatan