Minggu, 27 April 2014

Penyebab anak mimisan dan penangananya



PENYEBAB ANAK MIMISAN DAN PENANGANANYA




Mimisan pada anak memang hampir semua pernah terjadi,dan seketika sebagai orang tua pasti merasa panik,karena pemandangan seperti itu sangatlah aneh dan ekstrim karena darah keluar dari hidung anak tanpa sebab yang tidak diketahui oleh orang tuanya.
Namun anda sebagai orang tua sebaiknya jangan terlalu panik dan berprasangka buruk karena terjadinya mimisan pada anak bukan disebabkan oleh penyakit yang serius.terjadinya mimisan pada anak biasanya diakibatkan oleh pecahnya Membran tipis pembatas antara bagian lubang hidung ( Nostril ).dan terjadilah yang disebut mimisan yaitu keluarnya darah pada hidung dengan sendirinya,dan akan terhenti ketika darah sudah mengumpal.
Berikut adalah Penyebab anak mimisan : 
Pada umumnya yang menjadi penyebab anak mimisan pada anak adalah flu,alergi dan udara yang kering.( dikutip oleh Everyday health , Prof.barbara Frankowski,MD,MPH University of Vermont college of medicine yang berprofesi sebagai Spesialis dokter anak di Burlington Vermont Children Hospital. Hal lain yang diutarakan oleh beliau adalah Mimisan terjadi karena adanya iritasi yang terjadi pada hidung tersebut dari lendir yang terlalu keras.akibatnya pembuluh darah pada rongga hidung pecah ketika berusaha mengeluarkan lendir dengan keras.Selain itu mimisan juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk memasukan jari terlalu keras pada hidung,biasanya saat membersihkan kotoran pada hidung.

Berikut juga solusi cara mengatasi mimisan :  
  • Pada saat anak anda mimisan usahakan lubang hidung ditutup dengan kain yang halus dan tipis bisa juga anda gunakan tisue.anda bisa lakukan hal ini sekitar 10 menit lamanya.
  • Usahakan anak diarahkan untuk duduk tegap lurus dengan posisi badan condong kedepan.
Hal-hal yang perlu anda hindari pada saat anak mimisan :  
  • Hindari anak dengan posisi kepala miring serta hindari pula posisi kepala lebih rendah daripada jantung,Karena hal ini akan menyebabkan darah lebih banyak keluar.
  • Hindari pula anak bersandar,karena ditakutkan anak anda akan menelan darah mimisan sehingga bisa menyebabkan anak anda sakit perut.
Info kesehatan ini adalah solusi untuk anda yang berdasarkan kutipan para ahli anak,Jika anak anda mengalami mimisan lebih dari 30 menit ada baiknya anda sebagai orang tua langsung membawa anak anda ke dokter untuk memeriksa apakah ada gangguan lain,Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.Semoga artikel Penyebab anak mimisan dan penangananya ini dapat bermanfaat untuk anda sebagai orang tua maupun sebagai calon orang tua,silahkan share postingan ini ke jejaring social yang telah saya sediakan dibawah agar rekan anda mengetahui serta menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang kesehatan anak.terima kasih atas kunjunganya.
Title: Penyebab anak mimisan dan penangananya; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel by Mas fery - masfery99@gmail.com - Contact 08577-560-2630 Artikel kesehatan