Selasa, 29 April 2014

Manfaat tanaman pare untuk kesehatan

artikel kesehatan

MANFAAT DAUN,BUAH DAN AKAR PARE UNTUK KESEHATAN

Selamat datang kembali di artikel kesehatan mengenai manfaat tanaman pare untuk kesehatan,Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa tanaman pare yang mungkin terlihat sepele dan pahit rasanya hanya buahnya saja yang dapat di konsumsi ternyata itu salah.

ternyata tanaman pare dari daun,buah dan akar ampuh untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah penyembuhan sakit batuk.


Nah bagaimana caranya memanfaatkan daun pare ini agar dapat berkhasiat untuk anda yang sedang mengalami batuk,silahkan simak cara-cara berikut :

Tahap-tahap dalam mengolah daun pare sebagai obat batuk :
  • Silahkan anda ambil daun pare sekitar 5 lembar , lalu anda cuci sampai bersih.
  • Setelah anda menyiapkan silahkan anda tumbuk atau digiling sampai halus, boleh menggunakan blender.
  • setelah halus silahkan anda beri air matang sebanyak satu gelas atau cangkir dan beri sedikit garam.lalu anda peras dan saring.
  • Nah jika sudah anda lakukan semua silahkan anda minum.untuk kategori dewasa diminum 2 kali sehari , untuk porsi 1/2 gelas dalam satu kali minum dan untuk anak-anak porsi sekali minum 2 sendok makan.

Mengenai manfaat daun pare untuk penyembuhan batuk,caranya sebenarnya banyak namun cara mudahnya seperti diatas.untuk jumlah daun bisa digunakan sesuai kebutuhan saja.setidaknya minimal 5 lembar.dan jika anda merasa terlalu sulit melakukanya silahkan anda rebus dan saring juga tidak apa-apa.

Masi berlanjut mengenai tanaman Pare, ada baiknya anda juga mengetahui manfaat buah pare,daun pare dan akar pare selain untuk penyembuhan batuk , silahkan anda simak dibawa ini :

MANFAAT BUAH PARE

1. Disentri
Sediakan 2 buah pare segar, cuci lalu potong-potong. Tambahkan seperempat gelas air bersih,  lalu diblender. Seduh dan peras. Silakan diminum 2 kali sehari.

 2. Kencing Manis
Ambil 2 buah pare, cuci dan lumatkan. Tambahkan setengah gelas air bersih. Aduk dan peras. Minum sehari sebanyak 1 ramuan. Diulang selama 2 minggu.

3. Penambah ASI
Ambil 1 buah pare, cuci bersih, lalu rebus beberapa menit. Dipakai sebagai lalap.
4.Bisul
Buah pare dipakai sebagai obat luar. Ambil 1 buah segar lantas dilumatkan. Borehkan pada bagian yang terkenal bisul.

5. Bronkhitis
Sediakan 2-3 buah pare, lalu diambil sarinya. Berikan 1 sendok makan madu. Minum sekali sehari. Lakukan selama 3 bulan. Resep ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri haid, reumatik, dan melangsingkan tubuh.

MANFAAT DAUN PARE



1. Bisul dan cacing kremi
Sediakan 1 genggam daun segar, diberi seperempat cangkir air bersih, lalu blender. Saring dengan kain kasa. Jika perlu, tambahkan sedikit garam, gula aren secukupnya, dan jeruk nipis. Minum sekali sehari seperempat cangkir. Lakukan selama 1 minggu.
2. Demam nifas
Ambil 3 daun pare segar, cuci bersih, dan lumatkan. Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu seduh. Peras dan saring, lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.
3. Penambah ASI
Sediakan 2 daun pare lalu panaskan beberapa saat. Kompreskan pada payudara.
 4.Sakit pada hati
Sediakan 6 gram daun pare segar, 5 gram rimpang temulawak, dan 110 ml air. Didihkan semua bahan selama 15 menit, lalu saring dengan kain kasa, dan peras. Minumlah sekali sehari. Ulangi selama 2 minggu.
5. Rambut Subur
Ambil beberapa helai daun pare segar, cuci bersih lalu remas-remas. Cukup dioleskan ke kulit kepala anak.
7. Bekas luka
Cuci bersih segenggam daun pare segar, lalu lumatkan. Tambahkan air panas sedikit, lalu peras. Campur air perasan dengan 2 sendok makan tepung beras, lalu aduk sampai merata. Borehkan pada bagian bekas luka setiap hari.
8. Wasir
Ambil 5 daun pare segar, tambahkan seperempat gelas air, didihkan dan peras. Ambil 3 sendok air perasan ini, lalu dicampur dengan segelas yoghurt cair. Minum setiap pagi.
9. Kemandulan
Sediakan 27 gram sari daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa. Semua bahan dilumatkan, lalu tambahkan segelas air bersih. Didihkan dan peras. Minum air perasan setiap hari selama 3-4 bulan.
10. Penyakit kulit
Buatlah 1 cangkir sari daun pare. Caranya, ambil 3 helai daun pare ditambah satu setengah cangkir air. Didihkan dan peras. Campur air perasan berupa sari ini dengan sesendok air jeruk. Minum sekali sehari.
11. Rabun malam
Sari daun pare dioleskan di sekitar mata.

MANFAAT AKAR

1. Disentri Amoeba
Ambil segenggam akar pare, tambahkan segelas air bersih. Didihkan dan peras. Minum sekali sehari.
2. Ambeien
Ambil akar pare, cuci bersih, lantas lumatkan. Oleskan ramuan ini pada ambeien.

Demikian informasi mengenai "manfaat tanaman pare untuk kesehatan" , semoga bisa bermanfaat untuk anda,silahkan anda artikel kesehatan lainya yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda.terima kasih.

Sumber ( tabloid nova )
Title: Manfaat tanaman pare untuk kesehatan; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

Artikel by Mas fery - masfery99@gmail.com - Contact 08577-560-2630 Artikel kesehatan